Berita Terbaru

Relawan Pita Kuning: Pembekalan Perawatan Paliatif dalam Dunia Kerelawanan

Relawan merupakan ujung tombak dari pelayanan yang diberikan oleh Pita Kuning terhadap anak dengan kanker, terutama untuk layanan pendampingan. Sebelum diterjunkan ke lapangan, para relawan harus mendapat bekal informasi dan pengetahuan yang memadai. Pengertian mengenai arti perawatan palitif dan apa yang harus dillakukan adalah hal yang penting untuk dipelajari terutama bagi para relawan pendampingan. Perawatan paliatif adalah sesuatu yang masih sangat baru juga banyak sekali kesalahpahaman dalam pengertiannya. Untuk itu kegiatan training atau pelatihan secara berkala perlu dilakukan agar aktivitas yang dilakukan relawan bisa efektif, efisien dan sejalan dengan visi misi Pita Kuning. Bulan Juni lalu telah diadakan 2 (dua) kali pelatihan pelatihan untuk bekal para relawan yaitu Basic Palliative Care dan Pelatihan dari Rachel House.

Basic Palliative Care yang diadakan pada tanggal 10 Juni 2017 di Universitas Bina Nusantara dihadiri oleh 38 peserta dari relawan batch 1 (satu) – 5 (lima). Sebagai pemateri hadir Ita D. Azly (Psikolog Ahli Pitakuning) yang menyampaikan tentang kerelawanan palliative care dan dr. Dina Garniasih (Dokter Onkologi Anak, yang menjadi salah satu mitra Pita Kuning) memberikan materi seputar kanker pada anak. Sebelumnya para peserta melakukan pre – test untuk mengetahui pengetahuan mereka terkait kerelawanan dan kanker anak. Di akhir sesi, peserta juga diberikan post – test untuk melihat sejauh mana peserta dapat menerima materi yang diberikan.

Berbeda dengan pelatihan sebelumnya, pelatihan oleh Rachel House ini dibagi menjadi 3 (tiga) batch yang dihadiri oleh total 58 peserta, 2 batch dilakukan di hari Sabtu (17 Juni) dan 1 batch sisanya di hari Minggu (18 Juni). Sesi pertama pelatihan diberikan oleh Susi Susilawati (Perawat Rachel House) dengan materi mengenai konsep dasar asuhan paliatif dan pada sesi kedua serta ketiga pada pelatihan tersebut diberikan oleh Rifa (Perawat Rachel House) yang membahas mengenai kualitas hidup pasien kanker anak dan komunikasi efektif.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi semua relawan sebagai bekal dalam mendampingi anak-anak dengan kanker. Semoga untuk selanjutnya bisa diperbanyak materi dan juga narasumbernya” ungkap dr. Dina Garniasih.

“Respon dari peserta cukup bagus. Banyak yang bertanya, artinya keingintahuan mereka tentang asuhan paliatif tinggi. Mungkin ini didorong dari latar belakang profesi yang cukup bervariasi dan belum sepenuhnya tahu tentang paliatif. Saya rasa ini akan memberi dampak bagus untuk mereka yang belum melakukan pendampingan, peran mereka akan lebih jelas. Untuk kegiatan training selanjutnya diharapkan metode pembelajaran bisa dimodifikasi dengan metode yang lebih interaktif. Melihat banyaknya peran yang bisa dilakukan oleh teman-teman relawan, berarti perlu terus diadakan peningkatan kapasitas baik pengetahuan maupun keterampilan basic nursing” ,ungkap Susi Susilawati

Tidak hanya pemateri yang semangat dalam berbagi ilmu, seluruh relawan yang hadir pada rangkaian pelatihan tersebut juga nampak antusias selama acara, terbukti selama sesi pelatihan berjalan interaktif baik untuk bertanya maupun saling bertukar pendapat.

“Awalnya saya sempat ragu mau ikut training-nya. Tapi ternyata sama sekali tidak menyesal. Bahkan saya mungkin bisa menyesal kalau sampai tidak jadi ikut training. Training-nya oke! Sukses untuk menambah pengetahuan tentang apa itu palliative care, macam-macam kanker, pendekatan ke komunitas. Saya bisa bertanya sebanyak-banyaknya, dan mendapat penjelasan dengan lengkap” Ujar Anne, Relawan Pendampingan Batch I.

Kami berharap dengan adanya pelatihan rutin seperti ini, para relawan lebih siap dengan bekal ilmu yang dimiliki untuk selanjutnya berhadapan langsung dengan anak pasien kanker. Semangat untuk terus belajar harus dijaga karena melalui relawan jugalah Pita Kuning dapat terus memberikan pelayanan terbaiknya, demi tercapainya perbaikan kualitas hidup anak dengan kanker dan keluarganya.

Komentar