Berita Terbaru

Meningkatkan Kemampuan Relawan Pendampingan Pita Kuning Batch 6 Melalui Palliative Care Training

Training mengenai palliative care dari Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (Pita Kuning) telah diadakan Sabtu, 16 September 2017. Mengambil tempat di PT Sucor Sekuritas, Gedung Sahid Sudirman Center lantai 2, training berlangsung pada pukul 09.00-16.00 WIB. Acara kali ini diisi oleh Ita D. Azly (Konsultan Psikologis), Tyas Amalia (Koordinator Services Pita Kuning), dan Prasetiyo (Koordinator Relawan Pita Kuning).

Training tentunya diadakan dalam rangka memperkenalkan Pita Kuning lebih mendalam kepada para relawan pendampingan Pita Kuning. Namun, tujuan utama diadakannya training ini adalah meningkatkan kemampuan relawan pendampingan sekaligus memperkenalkan adanya palliative care di masyarakat. Dengan demikian, relawan diharapkan nantinya mampu memiliki bekal ilmu yang memadai ketika terjun ke lapangan dan menjadi agen informasi seputar palliative care di masyarakat.

Secara garis besar, training dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, yang berlangsung pada pukul 09.00-12.00 WIB, diikuti oleh 17 peserta. Kemudian, sesi kedua, yang berlangsung pada pukul 13.00-16.00 WIB, diikuti oleh 13 peserta. Kedua sesi mencakup kegiatan yang sama.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Prasetiyo. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pengenalan profil Pita Kuning, kanker pada anak, dan palliative care oleh Tyas Amalia. Tak lupa, ice breaking dilakukan agar suasana training lebih meriah. Berikutnya, Ita D. Azly mengisi training seputar volunteering in palliative care. Acara ini juga dilengkapi dengan sesi pengetahuan kanker dan peran relawan, serta tanya jawab dan evaluasi. Setelah training berakhir, acara ditutup dengan penyerahan tanda partisipasi dari Pita Kuning kepada PT Sucor Sekuritas.

Selama acara berjalan, para peserta terlihat sangat antusias mengikuti training. Hal ini terlihat dari aktifnya peserta memberikan feedback terhadap materi ataupun pertanyaan yang diberikan. Ditambah, materi dibawakan dengan santai sekaligus serius secara dua arah sehingga training berlangsung sangat hidup.

“Manfaat dari training ini adalah, saya lebih mengetahui apa itu kanker, dan bagaimana saya bisa mengatasi anak-anak nanti yang saya kunjungi. Saya mendapat ilmu lebih banyak dari yang selama ini saya tahu,” ungkap Abdul Cholil, Relawan Pendampingan Batch 6.

“Hari ini saya selesai menjalankan briefing dan training untuk pendampingan Pita Kuning. Saya mendapatkan info tentang kanker terhadap anak itu bagaimana, sebagai relawan atau orang selain pasien itu, bagaimana sih cara memberikan pendampingan dan support, biar mereka tidak patah semangat untuk menjalani pengobatan. Saya tertarik sekali dan terima kasih untuk info hari ini, semoga bisa dimanfaatkan untuk ke depannya nanti,” ungkap Ica, Relawan Pendampingan Batch 6.

‘Pita Kuning, let’s do good together!’

Komentar