Siapa Kami?

Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (Pita Kuning) adalah yayasan filantropi bagi anak dengan kanker yang berdiri atas inisiasi komunitas volunteer muda yang dinamakan C3 (Community for Children with Cancer). Sejak 26 April 2007, kepedulian terhadap sesama yang tidak berhenti menjadi faktor pendorong semangat dan komitmen para pendiri Pita Kuning hingga sekarang.

Dalam mempelajari fakta dan permasalahan kanker pada anak di Indonesia, Pita Kuning memahami kebutuhan penyaluran bantuan yang berkesinambungan sesuai dengan acuan Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) yang menyatakan bahwa penanggulangan kanker yang efektif harus sejalan dengan pengetahuan informasi, pengobatan, dan perawatan. Kini, Pita Kuning ingin mengambil bagian dalam Perawatan Paliatif demi meningkatkan kualitas hidup anak sakit kanker, terutama mereka yang berasal dari keluarga prasejahtera.

Pembina dan Pengawas

Pandji Pragiwaksono

Pembina Pita Kuning

“Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia berawal dari sebuah inisiatif kecil untuk membantu adik-adik pasien kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais pada Ramadhan 2006 melalui sebuah program siaran radio di Hardrock FM Jakarta. Dari inisiatif tersebut, kemudian lahirlah sebuah komunitas Community for Children with Cancer (C3). Pada 2007, komunitas ini berubah bentuk menjadi sebuah yayasan. Alasan kami terus bertahan selama 10 tahun ini adalah karena anak-anak pasien kanker ini membutuhkan kami. Itulah mengapa saya masih di sini. Itulah mengapa, #SayaPitakuning.”

Steny Agustaf

Pembina Pita Kuning

“Pada tahun 2006, saya terpanggil untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat ketika saya dan teman-teman berkunjung ke RS Dharmais dalam rangka mengunjungi adik-adik pasien kanker bersama Pandji. Dari situ lah saya dan Pandji tergerak untuk membantu anak-anak tersebut dengan mengganggas sebuah komunitas kepedulian anak pasien kanker yang diberi nama Community for Children with Cancer (C3). Kemudian pada tahun 2007 kami mendirikan sebuah yayasan bernama Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia agar lebih profesional dalam menerima dan menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Sampai saat ini, saya masih percaya bahwa Pita Kuning adalah tempat yang tepat untuk menyalurkan hasrat dalam membantu sesama.”

Indrodjojo Kusumonegoro

Pengawas Pita Kuning

“Saya selalu berpikir bahwa ada dua kebahagiaan dan kepuasan di dunia ini; kebahagiaan materi dan kebahagiaan batin. Keduanya harus seimbang. Bagi saya, bergabung bersama Pita Kuning memenuhi kebutuhan akan kepuasan batin saya dalam membantu sesama, membantu pasien anak dengan kanker yang membutuhkan uluran tangan. Ketika pertama kali bertemu dengan anak-anak pasien kanker di RS Dharmais, hati saya tergerak dan tersentuh. Oleh karena itu, ketika saya diminta untuk menjadi Dewan Pengawas di Pita Kuning, saya langsung mengiyakan ajakan tersebut. Karena saya percaya, dengan terjun dalam kegiatan sosial ini, saya tidak hanya dapat memenuhi kebahagiaan batin, namun juga dapat membantu dan membahagiakan sesama.”

Tim Kami

Tyas Handayani

Tyas Handayani

Ketua Pita Kuning
Mustika

Mustika

Wakil Ketua Pita Kuning
Emenda Brahmana

Emenda Brahmana

HR Support Pita Kuning
Arti

Arti

Sekretaris & GA
Dhani

Dhani

Staf Keuangan
Eva

Eva

Manajer Komunikasi
Tyas Amalia

Tyas Amalia

Koordinator Komunitas
Prasetya Ega Syaputra

Prasetya Ega Syaputra

Koordinator Komunitas
Ning Triranto Mahayu

Ning Triranto Mahayu

Manajer Layanan Pita Kuning
Annas Armanto

Annas Armanto

IT & Digital Support