Jakarta, 15 Desember 2014 – Sebagai perusahaan asuransi jiwa terbaik dan terkemuka di Indonesia yang selalu konsisten dengan kontribusi sosialnya, PT. AIA FINANCIAL (AIA) hari ini mengumumkan peluncuran kampanye “Save a Life”. Kampanye ini bertujuan menggalang dukungan sebanyak mungkin masyarakat untuk membantu meningkatkan kesehatan anak-anak Indonesia yang membutuhkan, khususnya mereka yang menderita kanker dan gangguan jantung.

Ben Ng selaku Presiden Direktur AIA menuturkan, “Anak-anak sebagai generasi penerus adalah harapan masa depan bangsa, sehingga sangat penting bagi mereka untuk dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal. Oleh karena itu, sangat memprihatinkan bahwa saat ini jumlah anak Indonesia yang menderita penyakit kronis justru semakin meningkat, dimana kebanyakan dari mereka belum mampu mendapatkan penanganan yang semestinya.”

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit kronis yang kian menggerogoti masa depan anak Indonesia. Fakta dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan bahwa setiap tahunnya sebanyak 4100 anak atau 2-3% anak di Indonesia menderita kanker, dimana gejalanya seringkali sulit dideteksi. Keadaan ini diperburuk dengan kurangnya informasi mengenai kanker pada anak dan rendahnya pengetahuan orangtua bahwa anak-anak juga dapat terserang kanker sejak lahir.

Pandji Pragiwaksono sebagai pendiri Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia menanggapi, “Tingginya prevalensi penyakit kanker pada anak juga diakibatkan karena pengobatan dan perawatan kanker tergolong paliatif, yang artinya membutuhkan biaya besar dan seringkali memakan waktu lama. Oleh karena itu, keterbatasan finansial menyebabkan orangtua enggan untuk membawa anaknya yang menderita kanker ke rumah sakit. Akhirnya anak tidak mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan.”

Penyakit kronis lain yang juga banyak diderita anak Indonesia adalah penyakit gangguan atau kelainan jantung. Data Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) menyebutkan bahwa saat ini di Indonesia sekitar 48.000 bayi yang lahir setiap tahun menderita kelainan jantung. Dari begitu banyak kasus tersebut, dibanding yang tertangani, masih banyak anak yang meninggal di usia balita tanpa pernah sampai ke pusat pelayanan jantung anak, bahkan mereka belum pernah mendapat pemeriksaan. Hal ini lagi-lagi salahsatunya diakibatkan karena keterbatasan finansial keluarga penderita.

Ben melanjutkan, “AIA percaya bahwa kesehatan merupakan sebuah nikmat kehidupan yang patut kita lindungi dan syukuri. Selain menjaga kesehatan dengan baik dan melindunginya dengan proteksi seperti dalam bentuk asuransi kesehatan, kita juga perlu mensyukuri nikmat kesehatan yang kita miliki dengan cara yang sederhana, yaitu dengan berbagi. Salah satu bentuk berbagi yang dapat kita lakukan adalah dengan menyelamatkan kesehatan dan kehidupan orang lain, khususnya dalam hal ini kesehatan dan kehidupan anak-anak penderita kanker dan gangguan jantung yang banyak berasal dari golongan ekonomi kurang mampu. Misi inilah yang kami usung melalui kampanye ‘Save a Life’.”

Kampanye ini akan diselenggarakan selama Desember 2014 – Februari 2015 melalui berbagai bentuk aktivitas yang melibatkan banyak pihak, dari mulai konsumen, agen, karyawan hingga masyarakat luas. Bentuk yang utama adalah pemberian donasi sebesar Rp10 ribu untuk setiap polis asuransi yang terjual selama periode kampanye, dimana AIA akan memaksimalkan keterlibatan seluruh karyawan, agen dan juga mitra usahanya untuk merealisasikan total donasi yang akan diberikan, yaitu sejumlah Rp750 juta.

Keseluruhan donasi nantinya akan disalurkan kepada anak-anak penderita kanker dan kelainan jantung di bawah naungan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (YPKAI) dan Yayasan Jantung Indonesia, dua yayasan yang memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam hal memberikan dukungan (baik moril maupun materil) kepada anak-anak penderita kanker dan gangguan jantung.

Bentuk lainnya adalah penggalangan dukungan dari masyarakat luas melalui berbagai aktivitas online maupun offline, salah satunya adalah aktivitas Fun Run pada saat Car Free Day bulan Februari 2015 mendatang. Kegiatan Fun Run ini dapat diikuti oleh masyarakat umum, dimana AIA akan mendonasikan sejumlah dana yang terkumpul dari setiap peserta yang berhasil menyelesaikan rute yang ditentukan.

Acara lari ini dilakukan dengan cara unik, dimana seluruh pesertanya diwajibkan untuk lari berpasangan. Cara unik ini menyimbolkan bahwa selain diri kita sendiri, sebenarnya kita selalu memiliki tanggung jawab untuk berbagi dengan orang lain, sesuai dengan misi kampanye “Save a Life”. Selain itu, di pelaksanaan Fun Run nanti, akan digelar pula aktivitas digital yang juga akan dikonversikan dalam bentuk pendonasian dana, contohnya dari setiap unggahan foto dengan hashtag unik, dan lain-lain.

“Kami harap rangkaian kegiatan yang akan kami gelar di dalam kampanye ini mampu menggerakkan kepedulian masyarakat untuk berbagi dalam menyelamatkan kehidupan dan masa depan begitu banyak anak Indonesia,” tutup Ben.