Jakarta, 28 Januari 2017 – Kantor Bukalapak yang berada di Plaza City View, Pejaten Barat, Jakarta Selatan ramai dihadiri para Relawan Pita Kuning. Pasalnya, hari ini adalah salah satu hari besar bagi Pita Kuning. Para relawan berkumpul untuk mengikuti volunteer gathering yang diadakan pertama kalinya oleh Pita Kuning sejak 10 tahun lalu. Sekitar 70 relawan Pita Kuning hadir pada acara yang akan diadakan rutin dan bertujuan untuk mendekatkan para relawan sekaligus berbagi ilmu tersebut.

Mba Tyas Handayani, Ketua Pita Kuning memberikan sambutan pada acara volunteer gathering

Mba Tyas Handayani, Ketua Pita Kuning yang membuka acara pada pagi hari itu mengatakan, “Volunteer gathering ini kami adakan untuk mendekatkan para Relawan Pita Kuning dan memperkuat semangat satu sama lain, mendapatkan feedback dari relawan secara langsung, sekaligus sharing 3 bulan percobaan aktivitas relawan Pita Kuning. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para relawan bisa saling mengenal satu sama lain dan juga menambah ilmu melalui sharing session yang kami adakan dengan mendatangkan para ahli terkait topik tertentu.”.

Acara yang dihadiri oleh berbagai Relawan Pita Kuning mulai dari Batch 1-3 ini terdiri dari sharing session bersama Max Andrew Ohadi, tentang “Bagaimana Cara Menulis Sebuah Laporan untuk Dijadikan Tulisan yang Layak”. Materi tersebut berkaitan dengan tugas salah satu relawan pendampingan yang selalu menuliskan laporan pendampingan mereka kepada Pita Kuning.

Max Andrew Ohadi saat berbagi pengalaman tentang kepenulisan.

Selain itu, para relawan juga diajak bermain games untuk dapat lebih saling mengenal satu sama lain. Games yang diadakan mulai dari kuis tentang mengingat nama para relawan, games yel-yel, hingga games team building untuk melihat sejauh mana kekompakan para relawan Pita Kuning. Nantinya setiap kelompok yang memenangkan games akan diberikan hadiah sejumlah uang untuk dapat dipakai membeli kebutuhan atau keinginan bagi Anak Pita Kuning yang mereka dampingi, seperti membelikan buku atau mainan misalnya.

Para relawan juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan feedback kepada Pita Kuning dalam sesi tanya jawab bersama Mba Eva Noviana, Head of Community and Marketing Communications Pita Kuning dan Mba Ning Mahayu, Head of Service Pita Kuning.

 

Kak Muhammad Fikri , Head of Community Management Bukalapak, selaku tuan rumah pada acara ini mengatakan, “Bukalapak merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yang memiliki kepedulian terhadap komunitas, baik komunitas digital/sosial. Untuk itu, kami sangat mendukung apa yang dilakukan Pita Kuning hari ini.”

Pada kesempatan hari itu, Kak Ega, selaku Community Coordinator Pita Kuning juga menceritakan perjalanan dan perkembangan dari Relawan Pita Kuning selama masa percobaan 3 bulan sebelumnya. Kak Ega menjelaskan semakin bertambahnya Anak Pita Kuning (yang saat ini mencapai sekitar 30 orang), dan akan semakin bertambah pula bantuan dari Relawan Pita Kuning yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, Kak Ega juga menyampaikan pencapaian yang dilakukan Pita Kuning melalui beberapa kegiatan seperti media gathering, donors night, acara Hop for Hope dan acara lain yang akan dilaksanakan ke depannya.

Melalui volunteer gathering ini, Pita Kuning berharap semangat para relawan akan terus terjaga dalam menjalani aktivitasnya bersama Pita Kuning, serta dapat memberikan manfaat ilmu dan keahlian lebih bagi para relawan.