Hari ini aku mau bercerita tentang kegiatan pendampinganku bersama Kak Ika dan Kak Ros dan Kak Janez.

Kak Ika dan Kak Ros nanya-nanya ke Mama terkait kelanjutan sekolahku. Pihak wali kelasku sudah datang ke rumah memberitahukan bahwa aku sebaiknya ‘keluar secara baik2’ dari sekolah yg sekarang, karena sudah lama tidak masuk (kira-kira 3 bulan).

Apabila tetap ingin bersekolah di sana, pihak sekolah terpaksa tidak menaikkan kelas untukku, tapi kalau bersedia pindah, akan diberikan rekomendasi dan kemungkinan masih bisa naik kelas. Pihak sekolah tidak mengakui surat keterangan sakitku dari RSCM karena dinilai ‘bisa dibeli’.

Aku juga sebenarnya sudah tidak betah di sekolah sekarang karena ada guru yang dinilai diskriminatif. Pernah suatu kali karena kesalahanku (entah karena tidak masuk atau kesalahanku yg lain) anak2 satu kelas dihukum suruh nulis ‘saya minta maaf’ selama beratus kali.
Menimbang kondisiku, akhirnya Mama memutuskan akan memindahkanku ke sekolah baru.

Karena bulan ini sudah masuk ujian tengah semester, kakak-kakak membantuku untuk mempersiapkan diri mengikuti UTS di sekolah baru nanti. Masalahnya adalah aku tidak punya buku pelajaran sama sekali. Akhirnya, Ika minta tolong diantarkan ke salah satu teman sekelasku untuk menanyakan info pelajaran sudah sampai mana dan buku pelajaran yg dipakai apa saja. Untuk sementara, Kak Ika fotokopikan satu bab buku matematika untukku.

Kak Ika sempat bertanya ke Mama, apakah selama 1 tahun terakhir Aku pernah dirawat di RS sehingga menghambat proses belajar di sekolah, jawaban Mama tidak pernah (walaupun sebenarnya kondisinya mengharuskanku rawat inap).

Aku juga bercerita banyak, mulai dari keluargaku, hingga cita-citaku menjadi orang besar untuk menaikkan martabat keluargaku.

Selama belajar matematika dari buku yang difotokopi Kak Ika, Aku berusaha mengingat dan masih bisa mengerjakan soal dengan baik walaupun agak kesulitan kalau hitungannya mulai susah.

Hari ini cukup menyenangkan bisa kembali belajar dan ditemani oleh kakak-kakak.. Terima kasih kakak-kakak..