Home • Keluarga Pendamping

Tentang Keluarga Pendamping

Tentang Keluarga Pendamping

Keluarga Pendamping adalah suatu program yang dibuat agar semua pihak dapat ikut serta didalam perjalanan anak dengan kanker melewati perjuangannya. Dengan menjadi Keluarga Pendamping, anda telah berkontribusi untuk membuat perjuangannya menjadi lebih ringan namun kualitas hidupnya meningkat

Yang sudah dilakukan oleh Pita Kuning

Dari tahun 2006-2013, Pita Kuning sudah membantu sekitar 10.000 anak dengan kanker dari keluarga Pra Sejahtera di RS Dharmais. Dan Mulai 2016 Pita Kuning telah mendampingi 100 anak dengan kanker, beserta 400 anggota keluarganya yang berasal dari keluarga prasejahtera dari 5 RS di Jakarta

Apa yang Keluarga Pendamping akan dapatkan

Awal Bergabung
Keluarga Pendamping akan menerima Paket Special yang berisi foto anak dan profil anak asuh yang dipilih dan panduan program Keluarga Pendamping.

Selama Perjalanan
Keluarga Pendamping akan menerima Laporan tentang kondisi Anak, sehingga Keluarga Pendamping dapat mengetahui perkembangan dan kondisi terkini Anak yang di asuh ; Keluarga Pendamping akan menerima newsletter Pita Kuning secara berkala yang berisi tentang cerita Anak dan Keluarga yang Pita Kuning Asuh serta program-program dari Pita Kuning.

Hari Spesial
Pada beberapa hari special, seperti Ulang Tahun, kenaikan kelas dan hari raya kami akan mengingatkan anda karena di hari ini Keluarga Pendamping akan dapat mengirimkan surat dan kartu untuk anak asuhnya (Karena anak-anak senang mendengar kabar, apalagi menerima hadiah dari Keluarga Pendamping!)”

Langkah Menjadi Keluarga Pendamping

  1. Memilih anak yang membutuhkan dukungan
  2. Mengisi form yang diberikan Pita Kuning
  3. Memilih Paket dukungan yang akan diberikan
  4. Konfirmasi donasi
  5. Staf Pita Kuning akan menghubungi Keluarga Pendamping

FAQ Tentang Keluarga Pendamping

75% atau lebih dari donasi yang anda berikan akan di gunakan langsung untuk kebutuhan Anak Pita Kuning. Sisanya (maksimal 25%) digunakan untuk biaya operasional program, termasuk diantaranya pendampingan untuk anak pita kuning dan keluarganya, melakukan assessment terhadap kebutuhan yang sedang diperlukan, membantu APK dan keluarganya untuk menggunakan uang sesuai dengan kebutuhannya selama satu tahun ke depan, membuat laporan kepada Keluarga Pendamping tentang bagaimana uang donasi yang anda berikan membantu kehidupan APK dan keluarganya dan melakukan komunikasi dengan sekolah, dinas sosial dan komunitas untuk bisa merekrut kembali anak-anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera yang membutuhkan layanan dari Pita Kuning

Pita Kuning akan membantu mengelola donasi yang anda berikan atas nama Anak pita kuning dan keluarga anak yang di asuh untuk memastikan uang yang anda donasikan langsung masuk ke pihak ketiga sehingga uang tidak digunakan untuk pengeluaran rumah tangga lainnya

Keluarga Pendamping dapat terus mendukung Anak Pita Kuning sampai mereka berusia 18 tahun. Namun, ada beberapa kondisi yang tidak dapat dihindari yang menyebabkan hubungan Anda dengan anak asuh harus berakhir, antara lain : anak meninggal, anak berusia 19 tahun atau anak diberhentikan layananya oleh Pita Kuning karena beberapa factor seperti tidak lagi melakukan pengobatan medis, komunikasi yang tidak lancar atau anak pulang ke kampung halaman yang berada di luar area jangkauan Pita Kuning”

Kebijakan Keluarga Pendamping​

Kami sadar bahwa menjadi OTA untuk Anak dengan kanker merupakan suatu pengalaman yang berharga dan membahagiakan dan dan kami mendorong Anda untuk membagikan pengalaman tersebut kepada teman dan orang-orang disekitar anda. Anda dapat menampilkan foto APK asuhan anda di rumah atau di tempat kerja dengan informasi pribadi yang mendasar saja, seperti: nama depan anak, diagnose dan hobinya. Profil dan cerita anak, foto kegiatan, dan informasi lain tentang APK pilihan anda adalah milik Pita Kuning yang diberikan kepada Anda sebagai referensi dan laporan, mohon digunakan secara bijak untuk menutup kemungkinan terjadinya kejahatan terhadap anak.

Demikian juga halnya apabila Anda ingin menampilkan foto Keluarga Pita Kuning jika ada kesempatan bertemu secara langsung. Semua ketentuan untuk menjaga martabat sekaligus melindungi APK dan keluarganya dengan cara tidak menampilkan alamat lengkap, nama lengkap, juga turut berlaku bagi foto penerima manfaat dewasa atau kami menamakannya keluarga Pita Kuning

Menampilkan atau mengunggah foto dan informasi pribadi APK dan KPK secara online menciptakan risiko terhadap privasi, martabat, dan keamanan mereka. Kami meminta Anda untuk tidak memperlihatkan data pribadi anak dan penerima manfaat dewasa, yaitu: nama belakang atau nama keluarga, tanggal lahir, lokasi tempat tinggal anak atau Rumah Sakit dimana anak dirawat, nama sekolah, kondisi kesehatan secara detil, dan lainnya di media sosial, situs web atau mengirimkannya melalui email kepada orang lain, demi keselamatan APK dan Keluarganya.

Pita Kuning menganggap serius masalah penyalahgunaan foto anak dan keluarganya. Karena pengambilan foto anak-anak dilakukan dengan izin dari orang tua mereka, maka kami harus melindungi integritas informasi yang telah diberikan pada kami. Itu sebabnya, kami tidak mengizinkan mengunduh, menyalin, atau mereplikasi foto atau informasi lainnya dari situs web maupun akun media sosial Pita Kuning tanpa izin tertulis.

Sebagai organisasi yang berfokus pada anak khususnya anak dengan kanker, Pita Kuning menyadari bahwa perkembangan media sosial saat ini telah membawa bentuk dan tingkat risiko baru terhadap anak-anak.

Oleh karena itu, kami mendorong Anda untuk mengembangkan hubungan yang bermakna dengan APK pilihan Anda melalui cara-cara yang aman.

Mari bersama-sama kita menjaga dan melindungi anak-anak serta keluarganya dari penyalahgunaan fisik maupun emosional.”