Berkunjung ke Malaysia, Pita Kuning Buka Peluang Kemitraan Internasional

Optimisme di awal tahun untuk Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia!

Minggu lalu, tim Pita Kuning pergi mengunjungi negara tetangga Malaysia untuk membuka peluang kerjasama dengan beberapa non-governmental organization (NGO) yang ada di sana, yaitu MyFundAction dan MAKNA РMajlis Kanser Nasional.

Yuk, baca tulisan di bawah untuk cerita lengkapnya!

Pertemuan dengan MyFundAction Malaysia

Di 3 hari pertama kunjungan ke Malaysia, Pita Kuning berkunjung ke kantor MyFundAction di Shah Alam, Malaysia. MyFundAction adalah organisasi non-profit internasional yang fokus pada pemberdayaan pemuda di 4 segmen; makanan, pendidikan, kewirausahaan dan kesehatan.

Program-program sosial yang MyFundAction jalankan adalah hasil dari kurikulum yang diadaptasi dari visi dan misi organisasi, dengan berpedoman pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) agar proyek yang dilaksanakan berdampak signifikan bagi banyak orang secara global.

Dalam kunjungan ini, Pita Kuning bertemu dengan Chief Development Officer MyFundAction, Mr. Isma Fildza Hazry Bin Ismail. Di pertemuan ini, Mr. Isma memberikan paparan tentang operasional MyFundAction dan Pita Kuning juga berbagi informasi mengenai apa yang sudah Pita Kuning lakukan selama ini di Indonesia.

Pita Kuning mengunjungi MyFundAction

Bagian menarik dari MyFundAction adalah operasionalnya yang tidak terbatas hanya di Malaysia saja. Sebagai organisasi internasional, MyFundAction memiliki beberapa cabang di berbagai negara seperti Indonesia, Selandia Baru, Jepang, Korea Selatan, Turki, hingga Mesir dan beberapa negara di Afrika. Keren sekali!

Selain memiliki cabang di berbagai negara, MyFundAction juga mengoperasikan beberapa unit bisnis yang bergerak dalam berbagai bidang, seperti F&B (makanan dan minuman) dan jasa perjalanan. Unit bisnis ini pada awalnya merupakan inisiatif dari sejumlah relawan mereka yang memulai bisnis skala kecil. Seiring waktu, bisnis-bisnis ini tumbuh dan bergabung di bawah satu manajemen di bawah naungan MyFundAction.

Dalam pertemuan ini, Pita Kuning sekaligus mempelajari secara detail mengenai manajemen relawan dari MyFundAction, yaitu Youth Of Strength and Happiness (YOSH) yang sudah berjalan di berbagai negara. Informasi yang didapatkan dari sini diharapkan dapat menjadi wawasan untuk dapat diterapkan di Yellow Academy, kegiatan kerelawanan dari Pita Kuning.

Selain itu, Pita Kuning juga berkesempatan untuk bertemu dengan perwakilan dari NGO mitra dari MyFundAction, yaitu MyHeart yang berfokus pada kesehatan, khususnya terkait jantung dan kanker.

 

Berkunjung ke MAKNA

Setelah berkunjung ke MyFundAction, Pita Kuning melanjutkan perjalanan di Malaysia dengan berkunjung ke MAKNA – Majlis Kanker Nasional, organisasi yang berfokus dalam memberikan bantuan bagi orang-orang dengan kanker mulai dari anak sampai dewasa. MAKNA memberikan bantuan biaya perawatan untuk berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, usus, dan berbagai jenis kanker lainnya.

Pada hari pertama, kami mengikuti Focus Group Discussion (FGD) bersama dengan General Manager Makna, Farahida Mohd Farid. Pertemuan ini memberikan wawasan yang sangat berharga bagi Pita Kuning, bahwa upaya membantu orang lain tidak hanya sebatas meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengumpulkan dana, namun juga kolaborasi dengan forum internasional dan pemerintah juga menjadi hal penting penting.

Pita Kuning mengunjungi MAKNA - Majlis Kanser Nasional

MAKNA juga memiliki cancer hotline untuk memberikan dukungan menyeluruh bagi orang-orang dengan kanker. Sebagai bentuk perluasan dukungan, MAKNA juga terbuka untuk pertukaran staf antarorganisasi agar dapat saling belajar satu sama lain.

Pita Kuning mengunjungi MAKNA - Majlis Kanser Nasional

Kedepannya, Pita Kuning berencana untuk berkolaborasi dengan MAKNA dalam pertukaran tenaga kerja dan pelayanan. Pita Kuning berharap kolaborasi yang direncanakan ini dapat membuat Pita Kuning memiliki dampak yang lebih besar daripada sebelumnya, bukan hanya untuk anak-anak kanker dan keluarganya di Indonesia saja, tetapi juga untuk dunia.

Bersama MAKNA, Pita Kuning memahami bahwa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat juga melibatkan kerja sama aktif di tingkat internasional. Kami berharap kunjungan ini menjadi awal kolaborasi Pita Kuning secara internasional, untuk memberikan dampak yang lebih besar dan bermanfaat.

 

Demikian cerita mengenai kunjungan kerja Pita Kuning ke Malaysia. Secara keseluruhan, kunjungan-kunjungan yang dilakukan ke MyFundAction dan MAKNA tidak hanya dimaksudkan sebagai memperluas kemitraan Pita Kuning ke kancah internasional saja, namun juga sebagai sarana studi banding Pita Kuning agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi anak-anak kanker dari keluarga pra-sejahtera di Indonesia.

Ikuti terus perkembangan, berita-berita dan cerita pendampingan Pita Kuning melalui kanal media sosial Pita Kuning. Kamu bisa langsung temukan akun-akun media sosial kami melalui tautan di bawah.

Atikel Terkait ...

Picture of Pita Kuning

Pita Kuning

Yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera

Semua Post

Kabar Berita

Berlangganan Artikel

Jadi yang pertama untuk mendapat kabar terbaru Pita Kuning

Cerita Anak