101 Neuroblastoma – Gejala dan Penyebabnya

 Neuroblastoma-Gejala-dan-Pneyebabnya

Apa Itu Neuroblastoma?

Neuroblastoma merupakan salah satu dari banyaknya penyakit langka yang menyerang usia anak-anak. Adapun penyakit langka lainnya salin neuroblastoma yaitu candle syndrome, ehlers danlos syndrom, ellis van creveld syndrome, krabbe. Penyakit langka ini sebagian besar lebih banyak terjadi pada anak-anak. Penyakit langka ini tidak jarang mengakibatkan disabilitas atauanak berkebutuhan khusus.

Sumber lain juga mengatakan bahwa penyakit langka ini adalah tumor neuroblastik dari sel neural crest primordial yang terdapat disepanjang sistem saraf simpatis. Biasanya terjadi pada pasien usia di bawah umur 1 tahun. Selain itu, penyakit langka yang satu ini mewakili 7% sampai 10% dari semua keganasan didiagnosis pada pasien anak-anak lebih muda dari 15 tahun.

Apa Saja Gejalanya?

Gejala penyakit langka yang satu ini barangkali mirip dengan penyakit lainnya. Namun penyakit ini memiliki beberapa gejala tersendiri diantaranya yaitu:

  • Nyeri perut
  • Muntah
  • Hilang nafsu makan
  • Berat badan menurun
  • Tubuh terasa lelah
  • Nyeri tulang
  • Demam

Selain gejala di atas, penyakit langka ini juga ditandai dengan munculnya gejala lain seperti demam, benjolan yang terasa di beberapa kulit, memar hitam di area mata, nyeri punggung dan nyeri tulang.

BACA JUGA: Osteosarkoma – Apa Gejala dan Penyebabnya?

Bagaimana Cara Mendiagnosisnya?

Cara mendiagnosis penyakit tersebut tidak dapat dilakukan sendiri. Jika mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas maka perlu pemeriksaan ke dokter lebih lanjut. Sedangkan, diagnosis dapat dilakukan dengan bantuan dokter. Selanjutnya, dokter akan bertanya lebih lanjut tentang gejala, riwayat penyakit kanker, dan pemeriksaan fisik untuk pasien.

Beberapa cara pemeriksaan juga memungkinkan untuk dilakukan dokter, yakni melakukan pengecekan tes darah dan urine, pemindaian dengan CT Scan, dan biopsi.

Bantu Anak Pita Kuning yang Mengidap Neuroblastoma!

Salah satu Anak Pita Kuning saat ini juga sedang berjuang melawan neuroblastoma yakni Panji (5 tahun). Selain bermain game online, Panji juga gemar sekali menggambar dan mewarnai. Bersama Pita Kuning, mari ambil peranmu untuk membantu APK Panji dan 42 Anak Pita Kuning lainnya yang berasal dari keluarga pra-sejahtera dengan berdonasi di Pita Kuning. Dengan begitu, kamu telah membantu anak-anak di bawah layanan pendampingan Pita Kuning untuk mendapat nutrisi yang cukup, kebutuhan pnedidikan, hingga layanan pendampingan oleh Pekerja Sosial bersertifikat.

SUMBER:

Website Alodokter ‘Neuroblastoma’ ditinjau oleh dr. Pittara (2021)

Rosaningtyas, A. (2017). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Penerimaan Diri pada Orangtua Anak Penderita Kanker (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA).

Berliani Hijriawati. (2013). Referat Neuroblastoma. (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta)

Atikel Terkait ...

Picture of Pita Kuning

Pita Kuning

Yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera

Semua Post

Kabar Berita

Berlangganan Artikel

Jadi yang pertama untuk mendapat kabar terbaru Pita Kuning

Cerita Anak