Adu Kompak Keluarga Pita Kuning Yogyakarta dalam HUT RI Ke-77

Berbeda dengan Pita Kuning Bali yang merayakan Dirgahayu Indonesia pada 17 Agustus 2022 lalu, Pita Kuning Yogyakarta justru merayakan hari kemerdekaan khusus di akhir pekan. Bagaimanapun, perbedaan jadwal tidak melunturkan esensi dari semangat merayakan hari kemerdekaan itu sendiri!

Adu Kompak Keluarga Pita Kuning YogyakartaPeringatan Hari Kemerdekaan bersama Pita Kuning Yogyakarta (2)

Perayaan hari kemerdekaan bersama Pita Kuning Yogyakarta dilaksanakan pada Minggu, 21 Agustus 2022. Meski tidak terlaksana bersamaan pada hari peringatannya, tapi hal tersebut tidak melunturkan semangat, lho. Justru, akhir pekan adalah momen yang tepat sehingga semua keluarga Anak Pita Kuning berkesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Terkecuali APK Talita, karena adik kesayangan Pita Kuning yang satu ini sedang menjalani rawat inap. Yuk, sama-sama kita doakan kesembuhan untuk Talita agar kondisinya membaik!

Acara yang berlangsung di Sawah Resto Negolaten tersebut dipenuhi oleh antusias keluarga dengan pakaian merah-putih. Padahal, Kak Rahma (SSO Yogyakarta) sempat menyampaikan maklum jika terdapat keluarga yang tidak bisa memenuhi dresscode tersebut. Semangat menggebu-gebu membuat seluruh anggota keluarga justru kompak berpakaian sesuai tema dan berhasil me-merah-putih-kan tempat kegiatan.

Berbagai lomba dihadirkan sebagai upaya menyemarakkan peringatan Dirgahayu Indonesia, mulai dari lomba foto, lomba memasukan pensil ke dalam botol, lomba makan biskuit sambil menggerakan wajah, lomba suap menyuap, dan lomba menghias tumpeng.

  • Lomba Suap Menyuap

Salah satu lomba yang benar-benar ‘menguji’ kekompakan keluarga adalah lomba suap menyuap. Bayangkan, masing-masing orang tua harus menyuapi makanan tertentu dengan mata tertutup. Kemudian sang anak akan mengarahkan gerak-gerik orang tuanya. Siapa yang makanannya paling banyak habis, akan menjadi juara. Agar semakin seru, relawan ‘mengelabui’ mama-mama, kalau makanannya berupa petai dan cabai (agar mama-mama takut 😝). Tapi tenang aja, mama-mama justru memakan buah-buahan yang segar!

  • Lomba Menghias Tumpeng

Masih bertemakan adu kekompakan, masing-masing keluarga juga mengikuti lomba hias tumpeng. Bak ikut kejuaraan Masterchef, mama, papa, dan anak kompak membentuk dan menghias nasi kuning dalam jangka waktu yang ditentukan. Tumpeng dengan hiasan paling maksimal akan menjadi juara.

Setelah semua lomba terlaksana, waktunya anak-anak beristirahat sambil menyaksikan meriahnya dongeng yang dibawakan oleh Kak Damar. Setelah itu, masing-masing keluarga mengakhiri acara dengan berfoto bersama, sekaligus membawa buah tangan berupa goodie bag yang berisikan alat tulis agar anak-anak dapat terus menjaga kreativitasnya.

Semakin mengharukan saat acara telah usai, APK Adam memvalidasi rasa bahagianya sambil mengucap:

“Aku kok seneng banget, ya..”

Mulai dari Keluarga hingga Relawan, Semua Berbahagia!

Acara Perayaan Hari Kemerdekaan di Pita Kuning Yogyakarta tidak akan terlaksana tanpa kontribusi dari relawan-relawan terbaik Pita Kuning. Semua berpartisipasi dari awal penentuan ide kegiatan, tempat, teknis, sampai makanan yang akan dikonsumsi tiap keluarga anak. Terima kasih untuk semua relawan Pita Kuning Yogyakarta yang telah mencetuskan segala ide untuk kemeriahan hari kemerdekaan.

Pasca acara, rasa terima kasih dan syukur juga tidak henti-hentinya disampaikan oleh masing-masing orang tua kepada SSO Yogyakarta, Kak Rahma. Tak jarang, keluarga Pita Kuning Yogyakarta juga masih membahas keseruan kegiatan kemarin. Bagi mereka, kegiatan ini menyenangkan sekali karena tak hanya ‘seru-seruan’ tapi juga momen mempererat tali silaturahmi.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang berhasil menciptakan momen terbaik dan menjadi memori berkesan tersendiri bagi masing-masing keluarga Pita Kuning. Semoga silaturahmi terus berjalan dan buah kebahagiaan menjadi modal stabilnya kondisi anak di kemudian hari!

Peringatan Hari Kemerdekaan bersama Pita Kuning Yogyakarta (2)

Peringatan Hari Kemerdekaan bersama Pita Kuning Yogyakarta

Atikel Terkait ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pita Kuning

Pita Kuning

Yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera

Semua Post

Kabar Berita

Cerita Anak