Bagaimana Serunya Sosialisasi Gizi di Yogyakarta?

Sosialisasi Gizi dan Pola Asuh Kepatuhan Anak Terhadap Pola Makan Sehat, merupakan salah satu program kerja Pita Kuning yang telah dilaksanakan pada 24 Juli 2022 di Yogyatourium Dagadu Djokdja, Yogyakarta.

Sosialisasi Gizi Yogyakarta Pita Kuning

Sosialisasi Gizi Kepada Orang Tua

Tidak sedikit info simpang siur tentang pemberian gizi yang tepat untuk anak, khususnya anak dengan kanker. Banyak pula orang tua yang belum sepenuhnya memahami makanan apa saja yang boleh dikonsumsi anak. Kebutuhan sosialisasi mengenai gizi juga berangkat dari informasi asesmen yang diperoleh Social Service Officer Yogyakarta, Kak Rahma. Pada hasil asesmen tersebut, Kak Rahma mendapati bahwa pengetahuan orang tua seputar gizi anak dengan kanker belum sepenuhnya terpenuhi. Terutama bagi orang tua yang anaknya baru saja didiagnosis kanker. Beberapa orang tua yang telah mengetahui anaknya terkena kanker sejak lama juga masih belum memiliki pemahaman tentang kandungan makanan yang perlu dihindari seperti MSG dan makanan yang dibakar. Oleh karena itu, melalui penyampaian dari ahli gizi yakni Ibu Maria Dora Tri Yogyantini, S. Gz,RD, orang tua diberikan wawasan tersebut.

Pola Asuh Kepatuhan Anak Terhadap Pola Makan Sehat

Setelah mengetahui kandungan makanan dan takaran gizi yang dianjurkan untuk anak dengan kanker, lantas bagaimana cara orang tua menyampaikan anjuran tersebut? informasi inilah yang disampaikan oleh psikolog yakni Ibu Sylvi Dewajani M.Sc. Ternyata, tak sedikit orang tua yang menyikapi ekspresi ‘rewel’ tidak nafsu makan anak dengan jalan pintas seperti memberi hiburan melalui HP. Cara tersebut mungkin bekerja, tetapi tidak bisa diterapkan dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu, materi mengenai topik tersebut disampaikan oleh ahlinya.

Keseruan Anak Pita Kuning Mengenal Makanan Bergizi

Di waktu yang bersamaan, enam Anak Pita Kuning Yogyakarta bersama delapan relawan bermain sambil menambah pengetahuan tentang makanan bergizi yang didapatkan dari buah-buahan dan sayur. Tak hanya itu, Anak Pita Kuning juga merangkai sate buah yang terdiri dari semangka, anggur, dan apel. Setelah dirangkai, hasilnya pun bisa dimakan langsung. Segar dan sehat!

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut. Nantikan keseruan di wilayah pendampingan Pita Kuning selanjutnya, ya!

Atikel Terkait ...

Picture of Pita Kuning

Pita Kuning

Yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera

Semua Post

Kabar Berita

Berlangganan Artikel

Jadi yang pertama untuk mendapat kabar terbaru Pita Kuning

Cerita Anak