CGS-CIMB Sekuritas Indonesia x Pita Kuning: Teenager’s Day Out to Museum Nasional!

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia x Pita Kuning adalah kolaborasi dalam rangka meningkatkan kualitas hidup anak dengan kanker, melalui realisasi salah satu program kerja Pita Kuning yaitu Teenager’s Day Out. Apa saja keseruan selama Teenager’s Day Out? Bagaimana CGS-CIMB Sekuritas Indonesia membantu Anak Pita Kuning memperluas wawasan? Apa saja hal menarik yang didapatkan Anak Pita Kuning selama mengikuti kegiatan tersebut? Baca artikel ini hingga selesai, ya!

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia x Pita Kuning

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia x Pita Kuning

Perusahaan sekuritas yang telah melebarkan sayapnya di 8 kota Indonesia ini tidak hanya berupaya memberikan pelayanan investasi terbaik bagi para penggunanya, tapi juga memberikan ‘investasi’ ke kelompok masyarakat yang memerlukan urunan tangan dalam bentuk donasi maupun kerja sama.

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia tengah mengadakan Program ESG, yakni ‘CSR 5.0’ melingkupi bantuan dari sisi sosial, lingkungan, maupun edukasi yang diadopsi dari 3 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu (a) Tujuan ke-4: Pendidikan Berkualitas; (b)  Tujuan ke-8: Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (c) Tujuan ke-11: Penanganan Perubahan Iklim. Pada tahun 2022, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia memiliki upaya untuk membantu kelompok masyarakat seperti panti asuhan yang tersebar di Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa beserta yayasan kanker yang ada di Indonesia. Adapun empat yayasan kanker yang akan menjadi penerima bantuan, salah satunya adalah Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia. 

Menurut keterangan Mbak Anna (Head of Marketing and Communications CGS-CIMB Sekuritas Indonesia & ESG Champion Indonesia), Pita Kuning terpilih sebagai yayasan yang menyalurkan manfaat karena sejalan dengan nilai CGS-CIMB Sekuritas Indonesia yang ingin memberikan edukasi dan suka cita untuk anak dengan kanker. 

Pemberian bantuan CGS-CIMB Sekuritas Indonesia tidak hanya terefleksi dengan pemberian donasi untuk Pita Kuning senilai Rp 20.000.000, tetapi juga dengan mentransfer semangat dan rasa juang untuk Anak Pita Kuning dengan kegiatan Teenager’s Day Out.

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia x Pita Kuning (2)

Teenager’s Day Out to Museum Nasional

Jika mengetahui anak sedang berjuang melawan kanker, seringkali keluarga dan masyarakat menganggap bahwa anak dengan kanker adalah ‘anak sakit’ semata. Padahal, anak dengan kanker berhak mendapatkan perlakuan sebagai anak-anak yang utuh, seperti bermain dan belajar. Oleh karena itu, melalui program kerja Teenager’s Day Out, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia x Pita Kuning berupaya untuk memberikan fasilitas bermain dan belajar anak dalam satu waktu.

Teenager’s Day Out berlangsung pada Sabtu, 25 Juni 2022. Museum Nasional dipilih sebagai tempat diberlangsungkannya Teenager’s Day Out karena menyediakan 101 informasi menarik seputar sejarah Indonesia mulai dari peninggalan tulisan, senjata, alat musik dan lain sebagainya. Hal ini sekaligus menambah wawasan Anak Pita Kuning yang tengah duduk di bangku sekolah, mulai dari SD hingga SMA.

Sebelum memulai serunya berkeliling Museum Nasional bersama sang tour guide, terdapat pemberian sambutan sekaligus penyerahan donasi secara simbolik melalui Mbak Anna Gracia Beatrix (Head of Marketing and Communications CGS-CIMB Sekuritas Indonesia & ESG Champion Indonesia) kepada Mbak Savira Altaira (Head of Program and Partnership) senilai Rp 20.000.000. Terima kasih CGS-CIMB Sekuritas Indonesia atas donasi dan kepeduliannya untuk Anak Pita Kuning!

Antusias Anak Pita Kuning

Setelah kegiatan resmi dibuka, selanjutnya deretan Anak Pita Kuning bergegas untuk mengelilingi Museum Nasional. Bersama sang tour guide, Anak Pita Kuning dan kakak-kakak beranjak ke lantai satu Museum Nasional. Dengan antusiasme penuh, Anak Pita Kuning memperhatikan penjelasan mengenai pembagian pulau-pulau di Indonesia, karakteristik hewan dan tumbuhan, hingga pengenalan manusia prasejarah lengkap dengan peninggalan kerangka tubuh yang umurnya telah menginjak lebih dari 1,5 juta tahun, wow!

Penjelasan tentang sejarah Indonesia jadi semakin menarik dengan replika manusia prasejarah yang membuat para pengunjungnya mendapatkan gambaran detail bagaimana orang-orang terdahulu saling berinteraksi dan bertahan hidup. Tak ketinggalan, Anak Pita Kuning juga saling menjawab pertanyaan interaktif dari kakak tour guide yang membuat momen keliling Museum Nasional terasa sangat menyenangkan!

Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanan ke lantai dua, tempat tersimpannya peninggalan berupa bukti-bukti tulisan, senjata, alat musik, dan lain sebagainya. Peninggalan tersebut juga menjadi bukti bahwa Indonesia sudah mendapat pengaruh dari negara-negara lain, salah satunya bukti-bukti aksara yang tertulis dalam prasasti. Saking takjubnya dengan peninggalan sejarah Indonesia, Anak Pita Kuning juga berfoto-foto benda bersejarah tersebut.

Tentunya, ketakjuban akan peninggalan Indonesia tidak berhenti di lantai dua. Misalnya pada lantai empat, Anak-anak Pita Kuning mendapatkan kejutan betapa bernilainya pusaka Indonesia dengan deretan koleksi istimewa masyarakat terdahulu. Bahkan untuk menjaga keistimewaan koleksi tersebut, rombongan hanya diperkenankan melihat-lihat tanpa melakukan bentuk dokumentasi foto atau video.

Kunjungan Museum Nasional berakhir dengan penjelasan patung ikonis yakni patung gajah yang menjadi simbol dari Museum Nasional. Masih di titik yang sama, rombongan CGS-CIMB Sekuritas Indonesia x Pita Kuning melangsungkan foto bersama sekaligus menutup kegiatan Teenager’s Day Out.

“Tadi di Museum Nasional, kita ngeliat fosil-fosil manusia purba, peninggalan batu-batu purba, (dan) fosil hewan-hewan purba. Bagian yang paling seru… pas kita liat patung Ganesha. Terima Kasih CGS-CIMB Sekuritas Indonesia!”

  • Daffa (12 tahun), Anak Pita Kuning

Terima Kasih CGS-CIMB atas Kepeduliannya untuk APK!

“Kita banyak sekali mengambil sisi perjuangan anak dengan kanker. Selain berjuang, mereka juga berusaha tetap tersenyum. Dengan situasi dan keadaannya, tapi mereka bisa menyambut hidup dengan lebih baik, meski semuanya dilakukan dengan perjuangan. Semoga semua adik-adik Pita Kuning bisa terus berjuang dan gak patah semangat!”

  • Mbak Anna Gracia Beatrix, Head of Marketing and Communications CGS-CIMB Sekuritas Indonesia & ESG Champion Indonesia

Momen Teenager’s Day Out menjadi bukti bahwa perluasan bantuan untuk anak dengan kanker juga dapat dilakukan dengan pemenuhan hak untuk mendapatkan edukasi yang menyenangkan. 

Terima kasih CGS-CIMB Sekuritas Indonesia atas bantuan dan semangatnya untuk Anak Pita Kuning (APK) di hari yang luar biasa. Semoga kemitraan dengan Pita Kuning kali ini, dapat membuka pintu kerja sama di kesempatan berikutnya!

Atikel Terkait ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pita Kuning

Pita Kuning

Yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera

Semua Post

Kabar Berita

Cerita Anak