Oliebollen Mirip Odading? Ada Lagi, Garden Salad Mirip Pecel Sayur!

Oliebollen mirip odading? seberapa mirip keduanya? Oliebollen menghebohkan jagat media sosial karena kehadirannya kerap dinantikan orang Belanda hingga rela antri berjam-jam. Tak heran, Oliebollen memang suguhan khas orang Belanda yang hanya bisa ditemukan pada masa libur perayaan natal.

Oliebollen Mirip Odading, Ini Bukan Prank!

oliebollen mirip odading
Penampakan oliebollen mirip odading

Awal cerita menggelitik tentang oliebollen mirip odading datang dari cuitan @Jastairvine di akun Twitternya, yang menceritakan seorang teman asal Indonesia yang sedang berada di Amsterdam rela antri dua jam mengarungi salju demi berhasil menyantap oliebollen. Setelah sang teman berhasil mendapatkan oliebollen, tak disangka-sangka rasa oliebollen mirip odading! Antara terbayar rasa penasaran, kaget, dan lucu, semua tercampur menjadi satu.

Oliebollen memang menjadi suguhan meriah perayaan natal bagi orang-orang Belanda. Komposisi ‘bola goreng’ oliebollen terdiri dari bahan-bahan seperti tepung, ragi, garam, air, dan gula. Biasanya dilengkapi kismis dengan taburan gula halus di atasnya. Makanan yang rasanya mirip odading ini disebut-sebut sudah ada sejak abad ke sembilan belas. 

Oliebollen cocok untuk dimakan ketika musim dingin karena biasanya disajikan oleh penjual dalam keadaan fresh dan hangat dari penggorengan. Menjelang periode natal atau tahun baru, penjual oliebollen biasa memadati kawasan jajanan ‘kaki lima’ di Belanda atau biasa disebut dengan oliebollenkraam. Camilan yang satu ini biasa dijual mulai dengan harga satu euro. Tak hanya oliebollen, para pembeli juga bisa menjelajah jajanan lain seperti apel bollen (pangsit apel) dan appelbeignets (kue goreng apel).

Ada Lagi, Garden Salad Mirip Pecel Sayur

Icip-icip Pita Kuning Titik Temu
Yang Disebut-sebut Mirip Pecel Sayur

Kalau diperhatikan, komposisi antara makanan khas Indonesia dan makanan khas luar negeri memang memiliki banyak kemiripan. Selain oliebollen mirip odading, ada lagi makanan yang mirip-mirip. Misalnya saja garden salad mirip pecel sayur. Cerita unik ini benar-benar terjadi dari pengalaman Anak Pita Kuning dan mama yang mencicipi menu eksklusif buatan Head Chef Titik Temu, Chef Kenrick.

Bukan tanpa alasan, Chef Kenrick menyuguhkan menu eksklusif karena Titik Temu dan Pita Kuning sedang menjalankan kolaborasi ‘Bertemu Harapan’. Sejumlah menu kolaborasi Titik Temu X Pita Kuning yang terjual, akan didonasikan untuk membantu anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera dampingan Pita Kuning.

Menu eksklusif dari Chef Kenrick untuk Anak Pita Kuning, khusus untuk tayangan bertajuk ‘Icip-icip’ di YouTube Pita Kuning dan tidak dijual di outlet Titik Temu. Hal ini karena menu yang dicicipi Anak Pita Kuning aman untuk dikonsumsi anak dengan kanker; tidak mengandung garam berlebih, tidak ada kandungan MSG, diproses dengan kukus dan rebus, serta tidak mengandung pengawet.

Deretan menu buatan Chef Kenrick diantaranya Sous Vide Chicken Breast, Steamed Salmon with Vegetables, dan Garden Salad. Seribu satu kelucuan dan kepolosan ekspresi anak menjadikan tayangan icip-icip bersama Titik Temu jadi makin seru. Malah, ada Anak Pita Kuning yang mencicipi Garden Salad dan kepolosan terucap dari mulutnya, “Ini mah.. pecel!”. Tapi, ada juga menu yang lezatnya bukan main dan mendapat nilai sempurna dari Anak-anak Pita Kuning!

Terima kasih Chef Kenrick dan Titik Temu telah memberikan kesempatan bagi Anak-anak dengan kanker dampingan Pita Kuning untuk mampir dan bermain-main sambil mencicipi hidangan luar biasa.

Nah, bagi kamu yang sedang berkunjung ke outlet Titik Temu, kamu juga bisa sekaligus membantu anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera dengan membeli menu kolaborasi Titik Temu x Pita Kuning yang bisa ditemukan di outlet Sarinah, Cipete, Mbloc, Seminyak, dan Ubud.

SUMBER:

Artikel berjudul ‘Oliebollen: The history of the doughy, Dutch Christmas treat‘ oleh Julia D’Orazio dari situs sbs.com.au (2022)

Atikel Terkait ...

Pita Kuning

Pita Kuning

Yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera

Semua Post

Kabar Berita

Cerita Anak