Rabdomiosarkoma 0 – 1 Dzaky

Dzaky, si calon atlet E-Sport jagoan Pita Kuning tengah berjuang melawan rabdomiosarkoma (kanker otot). Kira-kira, apa yang dialami Dzaky sebelum akhirnya terdiagnosa rabdomiosarkoma? Tapi, sudahkah kamu mengenal penyakit rabdomiosarkoma?

Rabdomiosarkoma VS Dzaky

Rabdomiosarkoma VS Dzaky (1)

Rabdomiosarkoma (kanker otot) adalah penyakit ganas jaringan lunak yang sering terjadi pada anak dan remaja. Terdapat setidaknya insiden tahunan 4,5 kasus per 1 juta anak, menjadikannya tumor padat ekstrakranial ketiga pada masa kanak kanak setelah neuroblastoma dan tumor wilms. Bagian yang paling umum terkena kanker otot yaitu kepala dan leher.

Usia rata-rata yang mengalami kanker otot yaitu di bawah 15 tahun dengan perbandingan laki-laki dan perempuan (5:3). Diduga faktor yang meningkatkan terjadinya kanker otot yaitu paparan radiasi selama masa kandungan, pada keluarag dengan stus sosial ekonomi rendah, dan ibu yang menggunakan obat-obatan selama masa kehamilan.

Pendekatan terapi kanker otot dapat dilakukan dengan kemoterapi, operasi, radioterapi, atau gabungannya.

Perjuangan Dzaky Melawan Rabdomiosarkoma

Rabdomiosarkoma VS Dzaky

Gejala awal yang dialami Dzaky sebelum didiagnosa kanker otot yakni sakit di daerah mata. Setelah keluarga merujuk Dzaky ke rumah sakit, diinfokan bahwa Dzaki memiliki tumor. Keluarga sempat kaget mengetahui Dzaky dengan diagnosanya, mengingat tidak ada riwayat penyakit keluarga yang memiliki tumor. Terlebih, Dzaky terhitung masih anak-anak yang harus menanggung penyakit tersebut. Bagaimanapun, keluarga kini mendukung perjuangan Dzaky untuk bersama melawan kanker. Bahkan jika penyakit Dzaky kumat dan harus dilarikan ke rumah sakit pada tengah malam.

Setelah bergabung dengan Pita Kuning, Dzaky menerima bantuan kebutuhan nutrisi, pengobatan, transport ke rumah sakit, dan penyaluran bantuan lain. Termasuk perayaan ulang tahun yang ke-11 bersama keluarga dan Kak Nurul (SSO Medan) pada 10 Agustus 2022 lalu. Salah satu sudut rumah Dzaky dipenuhi oleh dekorasi bertemakan biru, sesuai dengan warna hadiah kaos ‘Free Fire’ miliknya. Semoga Dzaky semakin semangat mengejar cita-cita menjadi atlet E-sport yang mengharumkan nama Indonesia. Semangat terus, Dzaky!

Yuk, Bantu Perjuangan Dzaky dan 46 Anak Kanker Prasejahtera Lainnya

Di tengah perjuangan Dzaky melawan rabdomiosarkoma, terdapat kebutuhan nutrisi, pengobatan, dan biaya lain yang harus dipenuhi agar ia bisa terus mempernjuangkan kondisinya yang sehat. Oleh karena itu, Pita Kuning mengajak kamu untuk bersama memenuhi nutrisi Dzaky dengan berdonasi mulai dari Rp 10.000 atau dengan menjadi donatur tetap kebutuhan pokok. Kamu juga bisa mendukung Dzaky melalui media sosial dengan tag Instagram @Pita_Kuning!

SUMBER:

Ismunandar, H., Himayani, R., & Adifa, D. P. (2021). Rabdomiosarkoma. Medical Profession Journal of Lampung10(4), 581-587.

Atikel Terkait ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pita Kuning

Pita Kuning

Yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera

Semua Post

Kabar Berita

Cerita Anak