Buka Booth Mewarnai Gratis, Pita Kuning Meriahkan Acara Puncak Perayaan Hari Kanker Anak Internasional di Taman Sari, Lippo Karawaci

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram

Tangerang, 22 Februari 2017 – Memperingati Hari Kanker Anak Sedunia yang jatuh pada 14 Februari 2017, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan sebuah perayaan puncak di Taman Sari, Lippo Karawaci, Tangerang, Banten, pada Rabu, 22 Februari 2017. Acara ini turut mengundang 200an siswa-siswi dari puluhan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di wilayah Tangerang. Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (Pita Kuning) turut memeriahkan acara tersebut dengan membuka booth mewarnai gratis bagi adik-adik siswa-siswi PAUD yang hadir.

Acara “Aksi Deteksi Dini Kanker pada Anak melalui Gerakan Masyarakat Sehat Peduli Kanker” ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Menteri kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi, dr. Slamet, MHP dan Wakil Bupati Tangerang H. Hermansyah.

 

‘Kesehatan anak perlu mendapat perhatian khusus orang tua dan keluarga agar gejala kanker pada anak dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga dapat dilakukan penanganan sesegera mungkin,’ ungkap Menkes dalam sambutan yang dibacakan dr. Slamet, MHP, pagi itu.

Pada acara tersebut ratusan adik-adik siswa-siswi PAUD memperoleh kesempatan untuk melakukan pemeriksaan lihat merah pada mata untuk deteksi dini kanker bola mata (retinoblastoma). Tidak hanya itu, ada juga talkshowbersama ahli kanker anak dari RS Kanker Darmais, dr. Edi Setiawan Tehuteru, survivor kanker dan dr. Slamet; serta pameran yang diikuti berbagai yayasan peduli kanker, Kementerian Kesehatan, dan pemerintah daerah Kabupaten Tangerang.

“Kanker pada kanker anak berbeda dengan kanker pada orang dewasa, tidak bisa dicegah. Namun masyarakat dapat melalukan deteksi dini kanker, salah satunya kanker mata/retinoblastoma pada balita. Jika anak mengalami gejala-gejala kanker pada anak, orang tua perlu membawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat.”, ungkap dr. Edi dalam talkshow yang dihadiri oleh 500 orang dari lintas program dan lintas sektor terkait dari Pusat dan daerah, serta berbagai elemen masyarakat, seperti ibu-ibu PKK, para guru, petugas kesehatan, dan anak-anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Talkshow pagi hari itu dipandu oleh kakak-kakak dari komunitas Stand Up Bintaro, Tangerang dan Serpong, Kak @Septiyans & Kak @weitzsyahrul @StandUpBTS yang bekerja sama dengan Pita Kuning.

Dalam rangka memeriahkan kegiatan tersebut, Pita Kuning membuka booth mewarnai gratis bagi para adik-adik PAUD yang hadir untuk menjalani pemeriksaan dini gejala kanker bola mata (retinoblastoma). Selain itu, Pita Kuning juga turut memberikan edukasi mengenai kanker pada anak dan perawatan paliatif kepada ibu-ibu orang tua dan guru yang hadir pada kesempatan hari itu.

Kehadiran Pita Kuning dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap gejala dan deteksi dini kanker pada anak, serta mengedukasi masyarakat luas tentang perawatan paliatif bagi pasien anak dengan kanker.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram

Atikel Terkait ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pita Kuning

Pita Kuning

Yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera

Semua Post

Subscribe

Kabar Berita