Niat Puasa Ramadan: Doa, Tips, dan Panggilan untuk Berbuat Baik

Niat puasa Ramadan adalah permulaan ibadah yang sangat krusial bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bentuk penghormatan dan pengagungan terhadap Allah SWT, puasa Ramadan juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan fisik maupun spiritual. Oleh karena itu, menjalankan puasa Ramadan dengan niat yang benar dan mempraktikkan hal-hal yang dianjurkan selama bulan suci jadi hal yang tak boleh dilewatkan.

niat puasa ramadan (1)

Niat Puasa Ramadan 

Niat puasa Ramadan sebaiknya dilakukan sebelum matahari terbit pada hari pertama puasa. Dalam niat puasa Ramadan, seorang muslim menyatakan dengan tegas bahwa ia berpuasa untuk Allah SWT dan hanya untuk mengikuti perintah-Nya.

Berikut ini adalah niat puasa Ramadan yang bisa kamu jadikan referensi:

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”

Tips Saat Ramadan

Selain niat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjalankan puasa Ramadan. Pertama-tama, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kita perlu memastikan bahwa kita mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat berbuka dan sahur. Kedua, selama puasa Ramadan, kita juga harus memperbanyak amal ibadah. Kita bisa membaca Al-Quran, shalat tarawih, dan berdzikir lebih sering dari biasanya. Kita juga bisa memperbanyak sedekah dan memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. Terakhir, tapi tidak kalah penting, kita harus selalu berusaha untuk meningkatkan kebaikan dan menghindari perbuatan yang tidak diperkenankan.

Panggilan untuk Berbuat Baik

Selama menjalankan puasa Ramadan, penting untuk membiasakan diri untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan membantu sesama. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu sesama, seperti memberikan sedekah kepada mereka yang membutuhkan atau memberikan dukungan moral dan spiritual kepada mereka yang sedang mengalami kesulitan.

Dalam menjalankan puasa Ramadan, tidak ada salahnya untuk membuka diri dan berkontribusi dalam membantu sesama. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan donasi secara rutin kepada anak-anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera dampingan Pita Kuning. Donasi ini bisa dilakukan dengan bergabung dalam program donasi rutin di Pita Kuning.

Dengan memberikan donasi secara rutin, kita telah berkonsisten membantu anak-anak dengan kanker untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang mereka butuhkan. Selain itu, dengan berpartisipasi dalam program donasi rutin, kita juga dapat membantu mengurangi beban finansial yang harus ditanggung oleh keluarga anak-anak dengan kanker.

Yuk, maksimalkan bulan penuh berkah dengan berbuat baik untuk sesama!

SUMBER:

Artikel berjudul “Niat Puasa Ramadhan, Tata Cara dan Bacaan Lengkap” pada situs MUI (2023)

Atikel Terkait ...