Bantuan PPKM Darurat Untuk Keluarga Pejuang Kanker

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram

PPKM Darurat

Latar belakang

Bermula pada tanggal 2 Juli 2021, Presiden Indonesia Joko Widodo, mengumumkan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam skala darurat. PPKM Darurat tersebut diberlakukan sejak 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021. Pemberlakuan PPKM Darurat ditujukan untuk membendung laju kenaikan angka positif virus corona atau Covid-19

Kami di Pita Kuning tidak menyangka, efek dari kebijakan ini sangat menyiksa keberlangsungan hidup keluarga anak pejuang kanker di Pita Kuning. Mereka, yang sebagian besar merupakan pekerja harian, sangat tercekik dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Ikhtiar  pengobatan sang anak yang tengah berjuang melawan kankernya pun jadi terhambat. Para ayah terpaksa berteriak, ibunda bingung karena tidak ada yang bisa dimasak, sang anak hanya bisa terisak. Selama kondisi ini tetap sama tanpa ada solusi pemenuhan kebutuhan dasar mereka, akan sulit bagi Anak Pita Kuning bisa terus berjuang melawan kanker.

ppkm darurat pita kuning

Oleh sebab itu, Pita Kuning berupaya untuk dapat turut membantu pemenuhan kebutuhan pangan dasar mereka, semata-mata agar api perjuangan Anak Pita Kuning dapat terus menyala.

 

Bantuan Kebutuhan Pangan

Tidak bisa dipungkiri, bahwa kebijakan PPKM Darurat membuat banyak orang dihadapkan kepada 2 pilihan berat: berlindung dari virus Covid-19, atau tersiksa karena kelaparan. Tidak adil memang apabila sebagian saudara kita dituntut harus memilih salah satu, disaat kita memiliki kemampuan untuk tetap terlindung dari virus tanpa harus merasakan kelaparan. 

ppkm darurat pita kuning

Merespon situasi yang kian memburuk, akhirnya pada 15 Juli 2021, Pita Kuning meluncurkan campaign bantuan paket pangan PPKM Darurat. Harapannya, akan banyak orang-orang baik yang tergerak hatinya untuk mengulurkan tangannya dalam memberikan bantuan untuk pemenuhan kebutuhan pokok keluarga dari anak pejuang kanker di Pita Kuning. 

Dua hari campaign berjalan, dengan banyaknya dukungan yang ikut menyebarkan info tentang campaign tersebut hingga turut mendonasikan sebagian rezekinya. Puji syukur, Pita Kuning dapat mendistribusikan sedikit pemenuhan bantuan pokok kepada 30 keluarga APK. 

Isi dari paket bantuan tersebut adalah beras, minyak goreng, mie instan, telur, buah, sarden, kornet, sayur, bumbu dapur, dll. Bantuan pokok tersebut diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan mereka selama 1 pekan. Pita Kuning pun berupaya untuk terus menyalurkan paket bantuan selama PPKM masih terus berlangsung. 

 

Keterlibatan Relawan

Proses distribusi menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Pita Kuning. Karena, ada keterbatasan tenaga kerja serta kurangnya jumlah kendaraan untuk mobilisasi ke 30 rumah keluarga anak pejuang kanker dampingan Pita Kuning. Oleh sebab itu, Pita Kuning memutuskan untuk melibatkan followers akun media sosial Pita Kuning dengan membuka kesempatan untuk relawan.

Kehadiran relawan ini terbukti membantu kelancaran proses belanja kebutuhan pokok serta kelancaran proses distribusi ke 30 rumah APK. Puji syukur, dalam satu hari tercatat 10 relawan telah mendaftar dan terlibat aktif dalam membantu kesuksesan campaign PPKM ini. Mereka pun terbagi menjadi 5 kelompok yang masing-masing terdiri dari 2 orang. Setiap kelompok, ditugaskan untuk mengantarkan paket bantuan ke 5 APK.

Pita Kuning sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada ratusan orang baik yang telah bersedia mengulurkan tangannya untuk membantu 30 keluarga Anak Pejuang Kanker di Pita Kuning. Semoga uluran tangan kalian tidak berhenti sampai disini, karena Pita Kuning tidak bisa terus sendiri. Bantuan dalam bentuk apapun akan sangat bermanfaat bagi Pita Kuning dan para pejuang kanker. Apabila bisa memberikan waktu dan tenaga, berpartisipasilah sebagai relawan Pita Kuning. Apabila bisa memberikan sebagian rezeki atau harta, berdonasilah melalui rekening Pita Kuning. Apabila tidak bisa keduanya, bantulah bagikan informasi ini ke kerabat. Semua agar api perjuangan Anak Pita Kuning dapat terus menyala.

 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram

Atikel Terkait ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pita Kuning

Pita Kuning

Yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera

Semua Post

Subscribe

Kabar Berita