Rumah Paliatif Pita Kuning Meriahkan World Cancer Day Carnival 2017

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram

Jakarta-5 November 2016 – Tribeca Park di Central Park Mall, sejak 3-5 Februari 2017 lebih ramai dari biasanya, puluhan booth hadir dengan berbagai tema dan dekorasi serta dikunjungi oleh ratusan orang yang memiliki kepedulian terhadap kanker. Pasalnya selama tiga hari tersebut tengah diadakan peringatan Hari Kanker Sedunia, yang jatuh pada 4 Februari 2017, melalui World Cancer Day Carnival 2017. Mengusung tema “We Can, I Can” (Kita Bisa, Aku Bisa), WCD 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bertujuan untuk menjangkau masyarakat secara kolektif maupun individual untuk menjalankan peranannya masing-masing dalam rangka mengurangi beban akibat kanker.

Tahun ini, Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (Pita Kuning), salah satu yayasan yang menyalurkan bantuan bagi pasien anak dengan dari keluarga prasejahtera di Indonesia turut berpartisipasi dalam berbagai rangkaian kegiatan World Cancer Day Carnival 2017 di Tribeca Park, Central park tanggal 3-5 Februari 2017. Gerakan Nasional Peduli Kanker yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan RI tersebut, termasuk aksi dan promosi edukasi.

Dengan Perawatan Paliatif sebagai dasar pelayanan Pita Kuning konsep booth yang ditampilkan adalah Rumah Paliatif Pita Kuning.

Rumah paliatif adalah sebuah gagasan untuk memvisualisasikan kegiatan pelayanan paliatif yang diberikan oleh Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia kepada setiap anak pasien kanker.

Tyas Handayani, Ketua Pita Kuning mengatakan, “Tujuan kami dalam berpartisipasi di acara ini adalah memperkenalkan layanan Pita Kuning yang berbasis perawatan paliatif dengan cara edukasi masyarakat mengenai pentingnya perawatan paliatif terhadap pasien kanker, juga memberikan contoh kegiatan-kegiatan yang biasa kami lakukan saat pendampingan”.

Beberapa kegiatan dalam Rumah Paliatif Pita Kuning antara lain adalah edukasi serta konsultasi mengenai kanker pada anak juga penyebaran informasi mengenai layanan Pita Kuning melalui pembagian flyer dan buku KNOW FOR HOPE yang berisi tentang edukasi mengenai kanker anak, pemutaran video layanan Pita Kuning hingga pembagian kalender saku kanker dari Kementerian Kesehatan, yang 3 hari ini dilakukan oleh tim operasional serta relawan Pita Kuning.

Kakak-kakak Relawan Pendampingan yang biasanya mendampingi para pasien anak dengan kanker, turut berpartisipasi meramaikan booth Rumah Paliatif Pita Kuning, dengan mendampingi adik-adik yang berkunjung untuk bermain.

Bagi pengunjung keluarga yang hadir bersama buah hati tercinta, dapat mengikuti beragam kegiatan permainan edukatif, seperti membuat binatang dari paper bag, membuat binatang dari balon, menghias batu, membuat binatang dari jepit kayu, membuat kreasi dari bola pingpong dan membuat kreasi dari manik-manik.

Anak-anak juga dapat mengikuti kegiatan kreatifitas seni yang didukung oleh @kelarkelir, @kutakatikartcraft, @rurydenisa, @onceuponasoap, @eklekticka dan Mari Berbagi Seni by Ganara Art Studio di booth Rumah Paliatif Pita Kuning. Berbagai kegiatan yang dilakukan di booth Rumah Paliatif Pita Kuning juga sebagai bentuk penggalangan dana bagi pasien anak dengan kanker di Pita Kuning. Para pengunjung dapat membeli berbagai permainan edukatif, atau mengikuti workshop melukis bucket hat bersama Ganara Art Studio sebagai salah satu cara berdonasi, atau mendonasikan langsung uang ke kotak donasi yang telah disediakan.

Booth Pita Kuning yang hadir selama 3 hari tersebut ramai dikunjungi oleh keluarga yang membawa anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan permainan edukasi. Adik-adik kecil tersebut sangat antusias membuat berbagai kerajinan tangan mulai dari gelang manik-manik, melukis topeng, membuat binatang dengan balon dan paper bag, dan lain sebagainya.

Dalam ajang ini, Pembina Pita Kuning, Pandji Pragiwaksono juga turut meramaikan booth Rumah Paliatif Pita Kuning tersebut dan menjadi perhatian bagi para pengunjung World Cancer Day Carnival 2017.

Bagi kamu yang tidak sempat hadir ke World Cancer Day Carnival 2017, yuk simak video berikut!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram

Atikel Terkait ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pita Kuning

Pita Kuning

Yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera

Semua Post

Subscribe

Kabar Berita