Remisi dari Leukemia (Kanker Darah), Bisakah?

Remisi dari leukemia sangat mungkin digapai, terlebih usia anak-anak. Seperti yang kita ketahui, kanker pada anak lebih mungkin untuk sembuh dibanding kanker pada orang dewasa. Meski persentase kesembuhan kanker anak di negara berkembang masih mencapai angka 30%, tapi kemungkinan anak untuk meraih remisi bahkan sembuh dari kanker merupakan hal yang mungkin.

Remisi Kanker Anak

Sudahkah Kamu Mengenal Istilah ‘Remisi’?

Berdasarkan definisi yang terlampir dalam situs National Cancer Institute (NCI) remisi adalah keadaan ketika pasien kanker mengalami penurunan tanda dan gejala kanker. Remisi dibedakan menjadi dua jenis; Partial Remission dan Complete Remission.

  • Partial Remission (Remisi Parsial) adalah keadaan ketika beberapa tanda dan gejala kanker sudah hilang.
  • Complete Remission (Remisi Menyeluruh) adalah keadaan dimana semua¬†tanda dan gejala kanker sudah hilang, meski kanker mungkin masih ada di dalam tubuh.

Remisi pada Leukemia, Bisakah?

Anak yang memiliki leukemia (ALL, AML, APL, dan lain sebagainya) memiliki kemungkinan untuk mencapai tahap remisi. Untuk mencapai remisi, tentunya dibutuhkan pengobatan kanker secara khusus. Perawatan utama yang kerap dilakukan untuk anak dengan leukemia ALL adalah kemoterapi. Lamanya pengobatan biasa memakan waktu sekitar 2-3 tahun, dengan frekuensi terbanyak di beberapa awal bulan pengobatan.

Dengan mencapai tahap remisi, artinya sel leukemia yang dimiliki anak tidak lagi ditemukan dalam sampel sumsum tulang. Selain itu, sel-sel sumsum tulang menjadi normal kembali dan jumlah darah menjadi normal. Perlu diketahui bahwa remisi belum tentu sembuh dari kanker. Lebih dari 95% anak yang mengalami leukemia ALL mengalami remisi setelah menjalani 1 bulan pengobatan.

Meraih Remisi dari Leukemia Sambil Bersekolah? APK Raffa gitu, lho~

Anak Pita Kuning Remisi

Sudah kenal dengan APK Raffa, kan? sejak usianya masih 5 tahun, Raffa mendapati dirinya memiliki kanker usai pemeriksaan ke dokter bersama keluarga. APK Raffa memiliki leukemia berjenis ALL (Acute Lymphoblastic Leukemia). Seribu satu pengobatan kanker telah ditempuh, termasuk kemoterapi. Awalnya sistem imun Raffa menurun, hingga kondisinya menjadi lemas. Banyak kegiatan yang terpaksa dibatasi seperti bermain bola bersama teman-teman. Padahal, Raffa sudah lama bercita-cita menjadi pemain bola profesional.

Pada pertengahan Juni 2022 lalu, Raffa merayakan ulang tahunnya yang ke-13 bersama Kak Intan (Social Service Officer Jabodetabek) dan sang mama. Perayaan ulang tahun Raffa semakin lengkap dengan dekorasi dan hadiah favorit Raffa, hasil penyaluran bantuan dari donatur Pita Kuning yang baik hati.

Masih di bulan yang sama, APK Raffa berhasil meraih kelulusan SD yang telah dilalui selama 6 tahun belajar. Meski bukan hal yang mudah untuk dilalui, tapi daya berjuang Raffa menunjukan semangat yang luar biasa. Dengan penuh suka cita, Raffa mendokumentasikan kebahagiaannya bersama mama dengan senyum yang ia paparkan di atas kursi roda.

Saat ini APK Raffa berhasil meraih remisi dari leukemia dan dalam tahap menjalani remisi protokol pertama. Semangat terus, APK Raffa!

Yuk, Dukung Semangat APK Raffa Melanjutkan Pendidikan!

Perjuangan meraih cita-cita belum selesai. Setelah lulus SD, APK Raffa akan mulai melanjutkan pendidikan di jenjang SMP. Tidak hanya APK Raffa, masih ada 32 Anak Pita Kuning lainnya yang membutuhkan bantuanmu agar dapat melanjutkan pendidikan dan memenuhi fasilitas penunjang sekolah.

Oleh karena itu, yuk dukung semangat Anak Pita Kuning untuk bersekolah dengan:

Terima kasih telah turut berkontribusi untuk membantu anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera meraih cita-cita!

SUMBER:

Situs National Cancer Institute (NCI) dalam cancer.gov

Atikel Terkait ...

Pita Kuning

Pita Kuning

Yayasan yang memberikan layanan psikososial bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera

Semua Post

Kabar Berita

Cerita Anak